Kami melayani kursus komputer secara privat:
Kursus 3DS MAX
Kursus Adobe Flash
Kursus AutoCAD 2D/3D
Kursus Graphic Design
Kursus MS Office
Kursus PHP & MySQL
Kursus Video Editing
Kursus Web Design

Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi:

0812.8188.7058
021-70099370
(TOMY)

Kursus Privat PHP MYSQL

PHP adalah sebuah bahasa pemrograman yang biasa digunakan pada web dinamis, yakni sebuah teknologi yang memungkinkan pengembang web untuk dapat melakukan pembaruan terhadap konten web dengan hanya memperbarui database yang menjadi sumber data pada web tersebut. Contoh yang paling mudah adalah website atau portal berita yang dapat dengan mudah diperbarui setiap saat sehingga pengguna akan selalu mendapatkan informasi yang aktual sesuai dengan kondisi terkini.

Sebagai sebuah bahasa pemrograman, penggunaan PHP pada website dengan demikian dapat menjadi pembeda terhadap dua jenis website, yakni website statis dan website dinamis. Website statis yang menggunakan teknologi HTML akan sulit untuk diperbarui karena dibuat sebagai halaman mati yang tidak memungkinkan adanya perubahan dari waktu ke waktu. Pengembang yang membuat halaman web dengan teknologi HTML harus merancang ulang keseluruhan halaman sebelum akhirnya mengunggah halaman yang baru tersebut ke server internet. Keadaan ini akan sangat berbeda dengan yang terjadi pada website dinamis, di mana pengembang dapat memperbarui databasenya setiap saat dengan cara yang mudah, melalui form- form yang telah disiapkan sebelumnya.

PHP sering pula disebut sebagai server-side scripting. Hal ini disebabkan karena script PHP hanya dibaca oleh server sebelum kemudian diolah dan dikirimkan kepada browser dalam bentuk hasil akhirnya, yakni halaman HTML. Dengan demikian, kode HTML yang dapat dilihat dan dibaca oleh pengguna melalui browser sama sekali berbeda dengan script PHP yang disiapkan oleh pengembang web dan tersimpan di server.

Sejarah PHP

PHP dikembangkan pertama kali oleh Rasmus Lerdorf. Seorang berkebangsaan Canada yang pada tahun 1994 mencoba menampilkan jumlah pengunjung pada websitenya. Dengan script yang dibuatnya, maka setiap pengunjung yang membuka halaman tersebut akan mendapati angka yang berbeda. Hal inilah yang mendasari PHP sebagai sebuah teknologi untuk personalisasi halaman website dan kemudian singkatannya dikenal sebagai Personal Home Page.

Seiring dengan perjalanan waktu, PHP kemudian berkembang dan banyak diaplikasikan pada website-website raksasa. Menurut wikipedia.org pada bulan Januari 2013 PHP digunakan oleh 240 juta website di seluruh dunia dan terinstal pada 2,1 juta server web. Popularitas PHP sebagai bahasa pemrograman menyebabkan singkatan PHP didefinisikan ulang menjadi "PHP: Hypertext Preprocessor". Pada saat artikel ini ditulis, PHP sudah mencapai versi 6 yang sudah mendukung Unicode dengan menjejalkan International Components for Unicode (ICU) Library.

Penggunaan PHP

Meskipun pada awalnya PHP ditujukan untuk website, akan tetapi PHP dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan. Bahkan untuk menjadikan PHP sebagai sebuah file yang dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi saat ini sudah dimungkinkan. Selain dipergunakan untuk website, PHP juga banyak dipergunakan untuk pengembangan aplikasi berbasis web. Keuntungannya adalah aplikasi yang dapat diakses dari berbagai komputer client dengan menggunakan protokol jaringan. Jadi, tidak lagi harus menggunakan sistem operasi yang sama.

Beberapa contoh aplikasi yang dibangun dengan menggunakan PHP dan menjadi terkenal di seluruh dunia disebabkan oleh kepopulerannya adalah:

  • Drupal
  • Aplikasi Content Management System yang dibangun berbasis PHP. Aplikasi ini memberikan fleksibilitas dan kemampuan bagi pengguna dan pengembang untuk dapat memanipulasi sistem sesuai dengan kebutuhan.

  • Joomla
  • Aplikasi Content Management System yang juga dibangun menggunakan PHP untuk pustaka intinya. Seiring dengan perkembangannya, modul-modul Joomla kemudian dibangun oleh ribuan pengembang di seluruh dunia. Kemudahan penggunaan dan efisiensi PHP menghasilkan banyak keuntungan bagi aplikasi Joomla.

  • Wordpress
  • Aplikasi untuk membuat blog yang bersifat free dan open source, sebuah Content Management System yang dibangun dengan berbasis PHP dan MySQL. Wordpress adalah aplikasi blogging yang paling populer dan dipergunakan oleh lebih dari 60 juta website di seluruh dunia (Agustus 2013).

  • Wikipedia
  • Aplikasi yang terkenal berkat website dengan judul dan alamat yang sama: Wikipedia.org sebagai sebuah situs berbagi pengetahuan. Aplikasi ini ditulis dengan menggunakan PHP dan memfasilitasi jutaan orang untuk membuat tulisan, memilah-milah, menyaring dan membuang tulisan yang tidak dikehendaki.

  • Facebook
  • Aplikasi Jejaring Sosial yang paling populer ini ditulis dengan menggunakan PHP untuk kebutuhan interaksi dan kemudian banyak aplikasi yang dikembangkan dengan menggunakan Facebook API yang juga ditulis dengan PHP.

  • dan lain-lain

Belajar PHP

Apapun yang akan Anda bangun, sebuah aplikasi berbasis web membutuhkan berbagai hal agar dapat berjalan dengan baik. Server Apache dan database MySQL adalah sebuah standar yang biasanya disandingkan dengan PHP yang semuanya bersifat free. Apache dan MySQL dapat Anda gunakan segera setelah melakukan instalasi aplikasi-aplikasi tersebut, baik secara manual satu persatu, maupun menggunakan paket aplikasi siap pakai seperti WAMPP, XAMPP, dan sejenisnya. Untuk membuat layout halaman yang baik, Anda dapat menggunakan HTML beserta kelengkapannya seperti CSS dan Javascript (Client-side). Dengan demikian, banyak hal yang harus dipersiapkan agar aplikasi yang Anda bangun menjadi sempurna.

Mempelajari PHP dapat Anda lakukan sendiri dengan mencari tutorial yang banyak disediakan di internet. Anda juga dapat mempelajarinya melalui buku yang biasanya membahas secara tuntas bagaimana pembuatan aplikasi dengan menggunakan PHP. Namun, akan lebih baik lagi jika Anda mempelajarinya dengan bimbingan seorang guru yang akan menunjukkan berbagai hal yang saling berkaitan seperti halnya MySQL, HTML, CSS, Javascript, yang secara bersama-sama membentuk aplikasi berjalan dengan baik. Untuk itu, Anda dapat menghubungi langsung kursusprivat.com untuk membuat pertemuan..