Recent post:

Animasi 3D

Kursus Privat 3dsmax

Pemodelan 3 Dimensi (3D Modeling)

Mengatur Interface Flash

Kursus Privat Web Design

Web Design

AGP (Accelerated Graphics Port)

ActiveMovie

ACPI (Advanced Configuration Power Interface)

:: ARTIKEL ::

Animasi 3D

Animasi

Animasi 3D bukan lagi menjadi hal yang baru. Meskipun keberadaannya masih tergolong muda, akan tetapi animasi 3D sudah dikenal luas sebagai salah satu bentuk animasi yang mengadaptasi teknik animasi tradisional ke dalam bentuk dunia 3Dimensi. Beragam tayangan televisi berbentuk animasi 3D kini sudah lumrah, bahkan lebih dari itu, beberapa di antaranya telah diproduksi oleh studio animasi lokal.

Animasi 3D banyak menarik minat karena karakternya bisa sangat realistis, sehingga banyak orang percaya bahwa tayangan tersebut nyata adanya. Pada animasi 3D dengan karakter kartun kondisinya akan berbeda dengan animasi tradisional (animasi 2D/cell animation) karena pada animasi 3D, karakter dan ruang yang dihadirkan akan terasa jauh lebih nyata dibandingkan dengan animasi 2D.

Animasi 3D, dengan demikian dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk menyiasati sulitnya mengembangkan animasi 2D. Salah satu hambatan kita untuk menguasai animasi 2D adalah kurangnya tenaga terampil yang menguasai teknik animasi 2D sekaligus menjadi seniman berbakat yang dapat menghasilkan gambar yang bisa digerakkan dan memiliki nilai estetis yang tinggi.

Dunia animasi 3D sebenarnya secara umum sangatlah luas. Tidak hanya digunakan untuk kebutuhan industri film, akan tetapi juga digunakan di dunia teknik. Sebut saja dunia arsitektur, teknik mesin, otomotif, game, periklanan, dan banyak lagi bidang yang lainnya. Penggunaan animasi 3D dalam bidang teknik ini telah banyak digunakan jauh sebelum berkembangnya animasi 3D dalam industri film tanah air. Dalam dunia arsitektur dan desain interior, animasi 3D telah banyak digunakan sebagai sarana untuk menampilkan kondisi realitas jauh sebelum bangunan yang dirancang mulai dibangun. Kursusprivat.com telah lama pula berkecimpung dalam dunia animasi 3D untuk kebutuhan arsitektur dan interior, baik untuk kebutuhan pada kalangan terbatas maupun untuk ditayangkan secara luas pada media televisi.

Perkembangan animasi 3D di tanah air saat ini menunjukkan hal yang sangat menggembirakan. Beberapa studio animasi 3D telah hadir dan memproduksi tayangan-tayangan yang dapat kita banggakan. Akan tetapi, tingginya spesifikasi peralatan yang dibutuhkan dan biaya produksi yang mahal membuat lambatnya perkembangan di bidang ini. Padahal dalam hal kualitas, film animasi produksi lokal tidaklah kalah dibandingkan dengan produksi luar negeri.

Untuk mengatasi kendala tersebut, banyak studio animasi lokal yang mengakalinya dengan mengerjakan proyek-proyek animasi untuk konsumsi luar negeri. Tidak jarang pula studio animasi kita mengerjakan salah satu bagian dari industri besar film Hollywood. Namun, hingga saat ini belum ada contoh sukses animasi 3D buatan lokal dalam bentuk film bioskop. Mudah-mudahan, dengan pesatnya perkembangan animasi 3D pada industri televisi dapat mendorong kurangnya tayangan dalam bentuk film animasi untuk konsumsi layar lebar. ■

[ dibaca: 79 kali ]